-->
Rabu, 14 November 2018

RPP IPS SMP Kelas 9 Kurikulum 2013

Walaupun banyak beberapa situs mengimpor tulisan yang saya buat di halaman rppk13gurusmp.blogspot.com, kami akan tetap update demi membantu rekan-rekan pendidik mencari contoh referensi dalam membuat sebuah format RPP IPS SMP Kurikulum 2013 untuk Kelas 9.

Perlu diketahui juga bahwa dokumen RPP K13 SMP IPS, yang admin sajikan di dapat dari rekan guru kami yakni pak deni demian, rujukan situs kurikulum.co.id, semua berkas materi sudah tentu dirancang menyesuaikan berdasarkan arahan kemendikbud tentang integrasi literasi, PPK, HOTS dan 4C.

Membicarakan tentang pembuatan RPP terkadang kita sebagai pengajar memerlukan ide-ide baru, tidak jarang apabila setiap guru melakukan pencarian untuk membandingkan setiap penerapan skema strategi pembelajaran.

Banyaknya tugas menghampiri seperti pengelolaan admnistrasi ataupun mempersiapkan perangkat pembelajaran, membuat kita menemui titik jenuh, entah apa tiba-tiba terkadang kita kehilangan motivasi semangat dalam bekerja, Pasti semua itu pernah kita rasakan.

Seperti admin ketika menulis untuk memposting RPP SMP K13 ini, kehilangan semangat sebab banyaknya orang-orang jahil melakukan impor tulisan saya, tetapi semua hilang begitu saja karena termotivasi oleh guru saya yang memang telah mengajarkan bagaimana membuat situs dengan tujuan untuk memberi referensi dan manfaat bagi semua orang.

beliau selalu memberikan ide, saran dan arahan hingga sampai saat ini, beliaupun selalu mengingatkan kembali apa yang menjadi tujuan saya yakni membuat situs informasi yg bermanfaat untuk para guru.

Begitupun apabila rekan pendidik kehilangan semangat dalam bekerja, termasuk mengerjakan tugas pembuatan RPP, ingatlah tujuan visi misi anda yakni untuk memberdayakan anak anak bangsa, meningkatkan mutu pendidikan, dan menciptakan generasi anak muda penerus bangsa. Sebab anak didik akan senantiasa membutuhkan pendidikan untuk masa depan nya.

RPP Kurikulum 2013 SMP IPS

RPP Kurikulum 2013 SMP IPS Kelas 9 Revisi 2018 Lengkap

Menyusun sebuah RPP sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyusunan dilakukan harus mengacu sesuai dengan perangkat silabus, penting juga yakni memperhatikan setiap karakteristik peserta didik.

Merancang RPP ketika menentukan jenis tujuan pembelajaran pendidik dapat menyelaraskan setiap minat & bakat siswa, tujuanya supaya murid lebih tertarik ketika memperhatikan suatu materi yang guru bahas.

Karena pada hakikatnya RPP dibuat supaya memberi kemudahan bagi setiap siswa dalam mempelajari materi, untuk mengerti dan paham apa yang anda ajarkan.

Mengenai informasi tentang dokumen RPP pada halaman ini dimana dibuat sudah memuat beberapa komponen seperti:
Kompetensi Inti (KI1, KI2, KI3 dan KI4)
Kompetensi Dasar (KD) & Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Tujuan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Media Pembelajaran (Alat & Bahan)
Sumber Belajar
Langkah-langkah Kegiatan (Pendahuluan, Inti, Penutup)
Instrumen Penilaian

Berikut silahkan tinjau terlebih dahulu berkas tersebut pada rujukan dibawah.

RPP K13 Revisi 2018 Materi Pokok:
Perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia & benua lainnya
Perubahan sosial budaya bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi
Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi
Perubahan & kesinambungan dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi

Referensi Terbaru

RPP IPS SMP Kelas 7
RPP IPS SMP Kelas 8

Perlu kami ingatkan bahwa semua Kumpulan berkas diatas hanyalah sebagai contoh saja, untuk selebihnya silahkan telaah dahulu, kemudian kembangkan kembali berdasarkan satu keutuhan pengalaman belajar rekan Guru, juga kondisi karakteristik peserta didik dikelas.

Demikian admin harap adanya format ini bisa membantu anda dalam membuat susunan rencana mengajar, terutama dapat membantu tugas pekerjaan dalam mempersiapkan administrasi standar proses, ataupun muatan lokal dan beban belajar.

Apabila bermanfaat silahkan untuk share kembali, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas partisipasi rekan guru, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat, juga ide terkait pembuatan perencanaan pembelajaran.

Tidak ada komentar:
Punya pertanyaan saran, kritik, ide atau kontribusi lainnya? Silahkan bubuhkan di kolom komentar yang kami sediakan.