-->
Minggu, 11 November 2018

Contoh RPP K13 SMP dengan 10 Mapel Lengkap Revisi Baru

Contoh file rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP K13) hasil revisi terbaru ini akan admin bagikan secara lengkap yakni dengan berjumlah 10 mata pelajaran di antaranya:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matematika
IPA
IPS
PKn
Penjas
PAI
Prakarya
Seni Budaya

Masing-masing tiap mapel sudah kami sediakan untuk semua kelas 7 8 9, materi pokok ajar semester ganjil dan genap.

Sehingga rekan pendidik bisa memanfaatkan kumpulan Contoh RPP SMP K13 yang kami sajikan sesuai kebutuhan serta keperluan pendidik.

Membuat RPP Kurikulum 2013 sudah menjadi bagian tugas penting Guru, pembuatan dilakukan supaya proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, terutama materi ajar yang akan disampaikan dapat sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK) pada suatu tema atau mata pelajaran tertentu.

Mengingat ketika menyusun RPP, ada beberapa tahapan yang patut diperhatikan pendidik, salah satunya yakni mengenali setiap karakteristik peserta didik.

Tujuan utama ialah supaya proses mengajar bisa terselenggara secara efektif, juga bisa dipahami dan dimengerti oleh para siswa.

Kenali juga potensi yang dimiliki oleh anak didik, banyak beberapa Guru melaksanakan pembelajaran hanya berfokus pada kompetensi yang harus dicapai, Tanpa memperhatikan setiap kemampuan siswa.

Ingat jangan pernah mengatakan sebuah silet itu tumpul karena tidak bisa memotong kayu, begitupun sebuah kampak tajam, tidak bisa dikatakan tumpul hanya karena tidak bisa mencukur kumis.

Dalam kaitannya semua individu memiliki potensi serta kemampuan masing-masing pada setiap bidang tertentu, disinilah pendidik selain menyampaikan informasi tentang materi juga harus dapat mengembangkan apa yang menjadi minat & bakat siswa untuk pengembangan dirinya.

Sebab tugas guru adalah membimbing,& mendidik dan memberikan arahan, seperti halnya pada peta, bagaimana dia menuntun dan menunjukan supaya sampai ke tujuan.

Contoh RPP K13

RPP Kurikulum 2013 SMP Revisi Baru Semua Mata Pelajaran Lengkap.

Merujuk pada pemaparan diatas bisa dikaitkan juga pada ke profesian guru, dari tingkat menengah, atas hingga perguruan tinggi atau Universitas.

Setiap mata pelajaran dipegang oleh salah satu guru yang memang berkompeten di bidang nya, itulah kenapa penting juga ketika membuat RPP, pendidik menyelaraskan kemampuan peserta didik.

Selain itu pengembangan konsep bahan ajar RPP, harus mengacu pada muatan yang terdapat dalam kurikulum 2013, seperti aspek sikap,& pengetahuan dan keterampilan.

Ambil contoh publik pigur pesepak bola terbaik di dunia CR7, Christian Ronaldo, dia sangat piawai dan berprestasi di bidang olahraga, terutama sepak bola, banyak penghargaan yang dia raih, disamping itu dia memiliki juga jiwa sosial dan toleransi sanggat tinggi bahkan dia rela menjual sepatu emas untuk membantu anak-anak di Palestina supaya mendapatkan kelayakan, pendidikan dan kesehatan.

Maka dari itu, dalam rancangan materi ajar harus dirancang secara berkesinambungan antara aspek sikap, pengetahuan serta keterampilan.

Sebagaimana seperti pada lampirkan tentang implementasi Kurikulum 2013, menyongsong empat pilar pendidikan menurut UNESCO, diantara nya :

  1. Learning to know (belajar mengetahui)
  2. Learning to do (belajar melakukan sesuatu)
  3. Learning to be (belajar menjadi sesuatu)
  4. Learning to live together (belajar hidup bersama)

di Indonesia sendiri menambahkan satu pilar yaitu

  • Learning to believe and convince the almighty God (Belajar untuk Beriman dan Bertakwa kepada tuhan yang maha Esa).

Adapun contoh-contoh pada RPP SMP termuat kompetensi inti dan kompetensi dasar, berikut isi komponen bisa didapat melalui rujukan di bawah.

RPP Bahasa Indonesia
RPP Bahasa Inggris
RPP Matematika
RPP IPA
RPP IPS
RPP PKn
RPP Penjas
RPP PAI
RPP Prakarya
RPP Seni Budaya

Perlu diketahui juga, semua dokumen sudah dilengkapi juga beserta pemetaan KD, Silabus, Program Tahunan, Program Semester.

Demikian admin harap adanya kumpulan perangkat pembelajaran diatas bisa membantu memenuhi kebutuhan Anda dalam melengkapi administrasi guru kelas.

Sekian postingan terupdate hari ini, silakan infokan dengan share kembali kepada sesama pengajar yang sedang memerlukan, terimakasih sudah berpartisipasi semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Punya pertanyaan saran, kritik, ide atau kontribusi lainnya? Silahkan bubuhkan di kolom komentar yang kami sediakan.